Tuesday, September 12, 2006

Obat Ngantuk Mujarab

Nemuin mahasiswa ngantuk di kelas sudah tidak keitung lagi. Dari yang hanya sekedar memejamkan mata sesaat sampai yang mau terjungkal dari kursi. Dari yang pura-pura menaruh tangan di jidat sekaligus menutupi mata yang ngantuk sampai yang berusaha memelototkan mata mati-matian hingga mirip tokoh kartunnya Walt Disney, Pluto. Terutama setelah makan siang, yang merupakan jam rawan. Hampir bisa dipastikan sebagian mahasiswa pasti ada yang ngantuk. Bila melihat seperti itu, saya suka nggak tega untuk membangunkannya. Kasihan. Saya nggak marah. Hanya saja menyayangkan kalau dalam kondisi ngantuk, otak pasti tidak bisa menyerap apa yang diajarkan di kelas.

Yang biasa saya lakukan saat ketemu mahasiswa ngantuk adalah menyuruh mereka keluar kelas untuk cuci muka. Kadangkala manjur, mereka jadi melek lagi. Kadang-kadang juga setelah mukanya kering, mereka ngantuk lagi. Ini biasanya terjadi pada mereka yang sudah terkenal tukang tidur. Nggak laki nggak perempuan. Saya juga suka menyarankan supaya menyimpan kopi di loker untuk diminum bila dibutuhkan.

Bukan hanya mahasiswa saja yang ngantuk. Dosen pun sama. Dosen juga manusia, punya rasa punya hati (walah… joko sembung ngelas, gak nyambung blas). Hanya karena tanggung jawab atas kelas yang diajarlah yang membuat mereka bertahan untuk tidak tidur di kelas. Gimana jadinya kalo yang jadi panutan memberi contoh tidur di kelas, pasti seluruh mahasiswa akan rame-rame tidur berjamaah. Ibarat pepatah, guru kencing berdiri….. dua tiga pulau terlampaui. Itulah contoh pepatah yang ngawur.

Belum lama ini, saya terima kiriman dari teman yang tinggal di Belgia (Eropa). Salah satu sahabat saya saat kuliah dulu, yang bersuamikan orang Belgia. Yang dia kirimkan sangat cocok untuk para tukang ngantuk di kelas. Bila pengen tidak kentara kalau sedang merem matanya, boleh meniru seperti yang ada di gambar ini. Berani coba?

15 comments:

  1. Anonymous1:47 PM

    Aku jadi gak ngantuk lagi nih, Mas.

    ReplyDelete
  2. Anonymous12:02 PM

    ha---bener jd melek neh

    ReplyDelete
  3. Hehe, seru ni artikel! Kebeneran sy lagi ngantuk, tp klo males nyuci muka gimana?

    ReplyDelete
  4. Anaknya Bu'le Habsyah4:44 AM

    memang nyusahin, apalagi pas mau kerja, baru mandang lurus di depan layar, langsung angop! lol

    minum kopi, bikin jantung ndredeg, gak cocok sama kafein...

    solat, malah jadi ayem pengen gletak. hahaha, problem ngantuk emang gak siap2, siapa aja bisa terserang. waspadalah...! waspadalah! hahaha

    ReplyDelete
  5. ahahaha.... keren tuh posenya...

    coba deh tips saya : minum teh kental pahit, gak pake gula. lebih manjur dr kopi.....

    ReplyDelete
  6. Anonymous3:09 PM

    klo aq c biasanya cuci kaki, denger2, syaraf ngantuk itu adanya di kaki, tp terkadang klo sudah sangat mengantuk berat, cuci kaki pun tidak mempan..hehehe

    ReplyDelete
  7. saya udah ngemut permen, tetep aja tidur sambil ngemut permen... :(
    untung aja permennya ga ketelen.. hihi
    gimana tu pak?

    ReplyDelete
  8. Anonymous6:20 AM

    Bener mas, obat ngantuk yang mujarab adalah ... TIDUR he he

    ReplyDelete
  9. lindz_enkcell10:34 PM

    mata dah sepet..... rada melek dikit dah..

    ReplyDelete
  10. Anonymous11:27 AM

    Barusan d kantor aq ngantuk bgt..coba jalan2 ke ruangan2 lain, seger, pas balik lg ke ruangan sendiri ngantuk lagi..he3..

    ReplyDelete
  11. hahah,,klo aq setyap saat psti ngntuk,,yg pling enak tu dah TIDUR
    hhhaa

    ReplyDelete
  12. Anonymous1:04 PM

    ea nich,,,,ngantuk obate ancen tidoer,,,

    ReplyDelete
  13. Anonymous1:12 PM

    ngantukkkkkkkkkkkkkkkkkk gannnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  14. Skrang q lg ngantuk membaca artikelnya

    ReplyDelete