Thursday, April 06, 2006

Zodia

Kalau sampeyan lebih suka obat nyamuk yang ramah lingkungan, aman bagi kesehatan dan tidak membahayakan pernapasan, saya sarankan membeli tanaman anti nyamuk Zodia (Evodia suaveolens, Scheff). Meskipun baunya lumayan keras, sudah pasti tanaman ini lebih sehat bila dibandingkan dengan obat nyamuk bakar atau semprot buatan pabrik.

Tanaman Zodia memang agak mahal. Saya beli di Kuntum Nurseries Tajur seharga Rp. 29.000 setinggi kira-kira 10 cm. Mungkin di tempat lain bisa lebih murah. Saya lihat di beberapa penjual bunga di Bogor seperti Jl. Dadali dan Jl. Pajajaran ada yang menjual tanaman tersebut.

Banyak jenis tanaman anti nyamuk selain Zodia. Tetapi bila dibandingkan tanaman sejenis, Zodia lebih gampang perawatannya. Jadi kalau sampeyan tidak ahli merawat tanaman seperti saya, nggak usah khawatir akan gagal.

1 comment:

  1. Anonymous8:08 AM

    Saya baru saja membelinya setelah berburu cukup lama. Saya mendapatkannya dari seorang pejabat pemerintah daerah bidang pertanian berbaik hati bersedia menjual anakan yang dikembangkan sendiri, dengan harga yang cukup murah.
    Baunya, lumayanlah, keras bener
    Thanks

    ReplyDelete