Friday, March 10, 2006

Viva English 85

Siapa sangka setelah 20 tahun, gondez-gondez bisa kumpul kembali. Gondez adalah nama panggilan untuk kami semua saat masih kuliah di Undip sampai sekarang. Terus terang saya sendiri tidak tahu makna sebenarnya dan dari mana asalnya. Bisa jadi itu merupakan bahasa Semarangan yang digunakan untuk memanggil teman akrab. Kita anggap saja seperti itu.

Rasa kangen yang lama terpendam akhirnya bisa terobati. Meskipun tidak jumpa secara fisik. Minimal bisa berkomunikasi melalui email. Lumayan. Biarpun yang bergabung dalam milis tidak semua, paling tidak sudah ada sebagian. Harapannya nanti semakin banyak yang join. Juga akan lebih baik lagi, selain via email, ada website angkatan 85 yang bisa dijadikan meeting point. Anggap saja situs ini adalah pengganti dari rumah kakaknya Yulius, mas Ri, di Tawangsari yang dulu pernah dijadikan markas. Atau sebagai pengganti kampus sastra di Hayamwuruk yang dulu kami jadikan tempat kuliah dan kongkow-kongkow.

Dengan adanya email saya jadi tahu keberadaan mereka semua yang saya kangeni. Terutama dua sahabat wanita saya, Iwuk & Kenik, yang dulu dekat dengan saya. Sungguh, saya merasakan kedekatan itu. Bukan saja secara fisik, tapi hati saya juga merasa dekat. Saya nggak tahu apakah waktu itu Iwuk dan Kenik merasakan apa yang saya rasakan. Barangkali that’s not the point. Yang utama buat saya adalah mengutarakan apa yang dulu pernah saya rasakan. Kalau dikatakan sudah terlambat, memang iya. Tapi bagiku better late than never. Mungkin dua sahabatku ini mentertawakan (atau bahkan mencibir?) bila membaca tulisan ini. Kok si Adi sentimentil amat ya ternyata. Biarlah. Saya akui seperti itu. Namun yang baik dari saya (hah! promosi?), sentimentil tapi nggak sentimen. Silahkan dicatat!

Buat Iwuk maupun Kenik, kalian berdua mungkin waktu itu menganggap saya sebatas teman biasa. Sebagaimana teman-teman kita yang lain. Tapi bagiku kamu berdua lebih dari sekedar teman. Kalian adalah teman terbaik saya. Sahabat saya. Dulu maupun sekarang. Makanya saya sangat senang ketika tiba-tiba ada email tentang kalian di mailboxku. Dua sahabatku yang hilang telah kembali.

Sengaja saya tulis blog ini untuk Iwuk dan Kenik yang ada di Lombok dan Belgia. Harapanku kalian bahagia bersama keluargamu.
Tulisan lain yang terkait dengan gondez-gondez English 85 bisa dibaca di blog berjudul Indahnya Persahabatan. Saya akan tulis lagi cerita tentang gondez yang lain next time. Nggak janji tapi.

No comments:

Post a Comment